Komunitas Kopi Spesial di AS, Menobatkan Indonesia Sebagai Surga Kopi Dunia

Unknown

Komunitas Kopi Spesial di AS, Menobatkan Indonesia Sebagai Surga Kopi Dunia









HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dalam pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Seattle, Amerika Serikat (AS), Indonesia telah dinobatkan sebagai surga kopi dunia. Indonesia dinilai mempunyai banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Menurut Ni Made Ayu Marthini, Atase Perdagangan Indonesia Washington DC, Jakarta, Selasa (14/04/2015) mengatakan, “Karena kopi kita memiliki banyak varian, sehingga Indonesia mendapat predikat baru sebagai surga kopi dunia,”
ketika melihat 39 jenis varian kopi spesial terbaik asal berbagai daerah di Indonesia, predikat tersebut akhirnya diberikan oleh komunitas kopi spesial di AS. Made menyebutkan, dengan adanya predikat baru untuk Indonesia sebagai ‘Surga Kopi Dunia’, sehingga diharapkan mampu menaikkan ekspor kopi Indonesia ke AS. Paviliun Indonesia yang terletak di booth nomor 5041 dan 6038 menampilkan 39 jenis varian kopi spesial terbaik Indonesia.
Dari 39 jenis kopi tersebut, sembilan jenis yang terbaik disajikan dalam kegiatan coffee cupping untuk para pengunjung atau buyers yang mengunjungi Paviliun Indonesia. Para pengunjung pun cukup antusias dalam kegiatan cupping tersebut, sehingga mereka sangat tertarik mencicipi varian kopi spesial khas Indonesia. Menurut data statistik dari US Department of Commerce, Bureau of Census, impor kopi AS dari Indonesia pada periode Januari-Desember 2014 mencapai USD 323,10 juta
dan mengalami kenaikan sebesar 11,29 persen yang sebelumnya di periode yang sama pada 2013 lalu sebesar USD 290,34 juta. Indonesia saat ini berada di peringkat ke-6, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya, sebagai negara sumber impor kopi AS dengan pangsa pasar sebesar 5,49 persen, serta menempatkan posisi Indonesia berada di bawah Brasil, Kolombia, Vietnam, Kanada, dan Guatemala.

Sumber : http://www.hariandepok.com/33968/komunitas-kopi-spesial-di-as-menobatkan-indonesia-sebagai-surga-kopi-dunia
0 Responses

Posting Komentar

DAFTAR ISI

ARSIP BLOG

ADA KOPIReview: by Andra & AriAda Kopi Krian adalah kedai kopi unik dikecamatan krian sidoarjo yang menyuguhkan kopi asli khas nusantara at Mywapblog Inc rating 5.0 / 5 Ada Kopi Krian| Kopi Nusantara | Kedai Kopi| Komunitas Penikmat Kopi