Membuat Kopi Bubuk Secara Tradisional

Unknown
13536444691698662445
Mungkin tidak semua penggemar minuman kopi ini tahu cara-cara membuat kopi tubruk yang asli dan beraroma khas. Berikut ini adalah cara membuat serbuk kopi dengan aroma yang benar-benar mantap. Resep ini saya dapatkan dari seorang penjual kopi asli yang di era tahun 80an sangat terkenal dan banyak pelanggannya. Dan kebetulan penjual dan pembuatnya adalah nenek saya sendiri.
Langkah pertama tentunya memilih biji kopi yang baik. Untuk menghasilkan kopi yang enak nenek saya memilih biji kopi yang sudah agak lama di petik alias bukan biji kopi baru. Keharuman hasil kopi juga sudah bisa terlihat dari aroma biji itu sendiri. Pisahkan biji kopi dari kotoran-kotoran lain semisal kerikil atau tanah yang menggumpal di sekitar biji.
Langkah berikutnya adalah biji kopi dicuci hingga bersih lalu ditaruh dalam nyiru/tampah diratakan dan dijemur di bawah terik matahari. Sambil sesekali di bolak balik.
Biji kopi yang sudah kering, digongseng (goreng tanpa minyak) dalam wajan yang terbuat dari tanah dengan perapian kayu. Perapian juga menentukan hasil aroma kopi, dan dengan menggunakan perapian kayu akan didapat hasil aroma yang benar-benar nikmat. Biji kopi digongseng sampai berwarna  kehitam-hitaman. Setelah itu, biji kopi didinginkan pada nyiru. Langkah berikutnya adalah biji dihaluskan secara manual (ditumbuk dengan lumpang-penumbuk padi). Nah untuk cara penghalusan ini pula nenekku pantang memakai mesin penghalus karena pelanggan fanatiknya akan tahu perbedaan ditumbuk atau dihaluskan dengan mesin, dan nenekku akan menuai protes dari mereka andai memakai mesin penumbuk padi. Hal itu pernah terjadi saat orang tuaku membelikan mesin buat menumbuk kopi. Banyak pelanggan yang menyarankan nenek kembali memakai alat tradisional saja.
Setelah dirasa halus, biji kopi diayak hingga menjadikan hasil kopi yang halus. Proses pengayakan juga dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan kopi yang benar-benar halus. Setelah itu kopi yang sudah jadi disimpan dalam wadah yang tertutup.
Untuk para kopi mania, sebaiknya mencoba kopi asli buatan sendiri/manual seperti ini, dan silahkan rasakan sensasinya.Silahkan mencoba kopi buatan sendiri.

ilustrasi;kopi Granito

Sumber : http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/11/23/cara-membuat-kopi-yang-beraroma-khas-510471.html
0 Responses

Posting Komentar

DAFTAR ISI

ARSIP BLOG

ADA KOPIReview: by Andra & AriAda Kopi Krian adalah kedai kopi unik dikecamatan krian sidoarjo yang menyuguhkan kopi asli khas nusantara at Mywapblog Inc rating 5.0 / 5 Ada Kopi Krian| Kopi Nusantara | Kedai Kopi| Komunitas Penikmat Kopi